Prosedur ganti plat nomor motor/mobil

Setiap 5 tahun sekali, kendaraan yang kita miliki harus diperbaharui nomor platnya, kalau tidak bakalan sering ditilang oleh polisi, karena salahsatu yang polisi perhatikan waktu mengawasi lalu lintas adalah plat nomor kendaraan yang sudah kadaluarsa.

Bagaimana cara mengganti plat nomor kendaraan? Berikut ringkasannya.

1. Bawa kendaraan yang bersangkutan ke kantor SAMSAT dimana kendaraan anda di daftarkan(jangan lupa bawa STNK juga ya)

2. Ke loket pengecekan fisik kendaraan

Petugas samsat akan memeriksa fisik kendaraan anda, apakah masih layak atau tidak. Sangat dianjurkan untuk membawa OBENG, karena waktu saya disana petugasnya meminta saya membuka kotak yang berada dibawah jok belakang motor, karena tidak membawa obeng, saya disuruhnya ke bengkel yang ada di depan samsat, aneh-aneh saja, tukang periksa fisik kendaraan tapi tidak punya obeng, saya curiga ada permainan antara si petugas dengan tukang bengkel, dasar orang indonesia, paling pinter kalau urusan cari duit dengan cara yang kurang terpuji.

3. Daftar ulang

Isi formulir sesuai data kendaraan di STNK, lalu serahkan ke bagian informasi untuk mereka serahkan ke loket daftar ulang.

Setelah menunggu sekitar 30 menit, kita dipanggil untuk kemudian diarahkan ke bagian pembayaran pajak.

Begini kira-kira suasana waktu menunggu, ramai seperti kandang ayam…

4. Bayar Pajak tahunan.

Di loket ini kita bayar pajak sesuai besarnya yang diminta, sayangnya tidak ada informasi berapa yang harus dibayar waktu di loket daftar ulang jadinya harus menerka-nerka. Sebagai penyerahan STNK baru.gambaran saja, untuk motor kena 410 ribu, untuk mobil honda jazz kena 3,1 jt.

Lama menunggu di loket pajak kurang lebih 2 jam, lebih baik bawa makanan,minuman, buku atau hp buat browsing atau nonton youtube biar gak suntuk nunggu.

Oya, di loket pembayaran sebenarnya bisa bayar pakai EDC, cuma sayang waktu kesana mesin EDC nya rusak jadi jadi harus ke ATM dulu untuk narik uang. Dan sebenarnya ada aplikasi yang bisa di donlod untuk bisa bayar secara online sehingga tidak perlu ngantri lama di loket ini. Selain itu pembayaran juga bisa dilakukan lewat ATM BJB, next time mesti dicoba nih..

5. Ke loket penyerahan STNK baru.

Setelah selesai bayar pajak, kita pergi ke loket penyerahan STNK kita yang sudah diperbaharui, serahkan bukti pembayaran di counternya dan duduk menunggu dipanggil. Lama menunggu sekitar 30 menitan.

6. Ke tempat penyerahan plat baru.

Setelah mendapatkam STNK baru, kita pergi ke tempat penyerahan plat nomor yang baru, di sana serahkan surat stnk, lalu duduk menunggu lagi…30-45 menitan kurang lebih.

7. Selesai dan pulang

Jangan lupa dipasang plat nomor barunya di kendaraan, perlu obeng besar untuk membuat tempat memasang bautnya.

Dari awal sampai akhir prosesnya lumayan memakan waktu, saya datang jam 8 pagi, selesai hampir jam 3-an sore,..mungkin ada baiknya menggunakan jasa pembaharuan STNK untuk menghindari habisnya waktu anda di kantor samsat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial