Untung mana, belanja offline atau online?

Akhir-akhir ini punya ide untuk belajar buat video editing, namun komputer di rumah sudah jadul (beli tahun 2011), prosesornya cuma sekelas intel atom, so bulat tekad untuk upgrade yang ada di rumah.

Target spesifikasi adalah processor i7, ram > 8GB dan harddisk > 500 GB SSD. Budget kalau bisa kurang dari 15 juta. Jenisnya laptop bukan desktop.

Setelah survey di toko-toko online, untuk sekelas i7 yang baru harganya sekitar 15 jt-an, mahal banget ya…susah nyari duit segitu.

So kebetulan kemarin istri pergi belanja bulanan ke Bekasi, saya ikut numpang ke tempat yang namanya CyberPark, pusat penjualan barang elektronik di Bekasi.

Kesan pertama mengenai CyberPark adalah perjalanan menuju kesan banyak traffic-jam..,dan in-general Bekasi itu sumpek dan padet.

TLDR; nyampe disana, kendala berikutnya adalah susah cari parkir..muter-muter gedung tempat parkir, 20-30 minutes later akhirnya dapet juga tempat parkir di lantai 4.

Sebelum belanja makan dulu untuk recharge energi yang terkuras di perjalanan, pesen gado-gado sama nasi, kena 25 rb, mahal cui…

Next, masuk ke agenda utama yaitu, beli laptop, setelah berputar-putar, akhirnya tertarik dengan laptop second, merk toshiba, spesifikasinya sesuai target (walaupun i7 nya keluaran jadul), setelah dengerin penjualnya speak-speak manis akhirnya deal dengan harga 6,7 juta dan dapat tas. So harga bersihnya berarti sekitar 6,3 juta. Saat itu sih mikirnya untung, waktu di perjalanan pulang, browsing Bukalapak, ternyata untuk laptop kelas segitu harganya cuma 5,6 juta..T_T, berarti tekor 700 rb-an.

So, balik lagi ke judul tulisan ini? Untung mana belanja on-line dan offline? Ya jelas on-line lah.. berikut untungnya belanja online:

1. Tidak kena macet

2. Tidak susah cari parkir

3. Tidak ada pressure waktu milih barang karena ditungguin petugasnya.

4. Tidak SAKIT HATI karena nego tapi ternyata tetap kemahalan dibanding harga di tempat lain.

Sebenarnya ini adalah my second mistake, dulu waktu beli asus juga kasusnya begini juga, maklum masih ngeri-ngeri sedap kalau beli barang mahal lewat online..

Mudah-mudahan pengalaman saya bisa bermanfaat,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial