Tata cara masuk ke data center

Hari sabtu ini,berkaitan dengan pekerjaan, saya ada kesempatan untuk menengok data center yang ada di bilangan kuningan Jakarta.

Data center adalah sebuah kompleks gedung dimana perusahaan-perusahaan menempatkan server-server komputer mereka. Karena server-server ini harus beroperasi non-stop maka ruangannya pun didesain dengat cermat dalam hal jarak antar server, tinggi rak penyimpanan, hembusan angin, suhu ruangan dan banyak lagi kriterianya.

Image taken from google.

Bisa dimaklum karena apabila karena sesuatu sebab, misalkan suhu ruangan naik dikarenakan AC mati, servernya berhenti beroperasi bisa dibayangkan berapa kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan pemiliknya, apalagi misalnya perusahaan itu bergerak dibidang finansial seperti bank.

Proses masuknya pun tidak sembarangan, ada beberapa pintu pemeriksaan sebelum bisa masuk ke ruang server.

Yang pertama dilakukan adalah menginformasikan ke pihak data center kalau kita mau menengok server kita. Ketika memasuki pintu pemeriksaan pertama petugas akan mengecek ID kita. Di pos ini akan diperiksa apakah kita tidak pakai sendal, atau tidak pakai celana pendek, jadi sangat dianjurkan untuk mengunakan sepatu dan celana panjang. Di pos ini juga akan dicek barang-barang yang kita bawa. Pada saat saya kesana saya lupa pakai sepatu, untungnya saya dipinjemi sepatu boot, jadi tidak perlu pulang lagi untuk ganti sepatu.

Setelah lewat pos pertama,kita masuk ke pos kedua dimana kita harus registrasi dulu untuk mendapatkan kartu untuk masuk ke ruang server. Setelah itu baru kita bisa masuk ruang servernya.

Namun jika kita membawa barang-barang yang berhubungan dengan IT, maka harus melalui pengecekan. Di pos ini juga dicek apakah kita bawa rokok atau minuman. Apabila membawa maka harus di titipkan dulu di pos ini.

Suasana di ruangan server sangat sepi dan dingin, jadi dianjurkan untuk bawa jaket.Namun sangatlah berisik oleh suara-suara air conditioning yang bekerja non-stop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *