Wisata kuliner di RM Alam Sari Delta Mas Cikarang

Walaupun sudah hampir 5 tahun tinggal di Cikarang, kalau makan di luar biasanya kami selalu di mal Lippo Cikarang sehabis belanja bulanan. Tapi dalam rangka ultah si sulung yang kelima, kami mencoba makan di suatu tempat yang bernama : RM Alam Sari yang berada di daerah Delta Mas Cikarang.

Tempat

Lokasinya berada di pinggir jalan boullevard delta mas, bisa dicapai melalui jalur lippo cikarang maupun dari jalur tol pantura. Cukup strategis tapi tidak berada di jalur macet. Selain itu karena letaknya cukup jauh dari jalan raya, tempat ini bebas debu yang merupakan karakter khas kota Cikarang, apalagi di musim kemarau.

Nilai: 4/5

Suasana

Kalau dilihat dari pinggir jalan, rumah makan ini sepintas seperti rumah makan biasa yang berada di pinggir danau, namun tempatnya agak menjorok ke dalam. Namun begitu masuk ternyata di dalamnya terdapat banyak saung-saung kecil tempat makan yang berada di pinggir danau. Pantesan begitu kami masuk ke bangunan utamanya heran kenapa banyak mobil yang diparkir tapi sedikit orangnya, ternyata orang bukan makan di gedung utama(walaupun bisa), tapi di saung-saung kecil itu.

Suasana alami terasa ketika makan sambil melihat tepian danau ditambah lagi dengan alunan lagu gamelan sunda yang mendayu-dayu, serasa kembali ke zaman-zaman kerajaan dulu.

Pelayan-pelayannya menggunakan pakaian khas daerah sunda,tapi untuk berkomunikasi mereka menggunakan handy talky, jadi sepertinya memang restoran ini konsepnya wellthought and operasinya well-managed.

Masakan

Masakan yang disajikan adalah masakan sunda, tapi ada beberapa masakan oriental juga. Menunya ada menu paket, ada juga yang terpisah. Yang saya ingat sih ada ayam bakakak, gurame, udang, nasi liwet,sate, cumi dll.

Menu yang kami pesan kali ini cuma bakakak, udang, sate,kangkung, sayur asem, liwet,karedok, sama sambel hijau.

Tadinya mau pesan lebih banyak lagi, tapi karena prediksinya anak-anak belum pada lapar, dan daya makan saya dan istri juga terbatas, segitu aja cukup ( ternyata memang tidak habis, dan minta dibungkusin ke pelayannya).

Dari segi rasa…mantap, apalagi sate dan karedoknya. Dianjurkan untuk tidak makan minimal 5 jam sebelum pergi kesini supaya bisa mengapresiasi makanannya secara maksimal.

Untuk porsi yang kami pesan kami mengeluarkan biaya 400 rb termasuk pajak, cukup reasonable mengingat di mall-mall juga kisaran harganya bisa segituan untuk porsi makan keluarga.

Nilai: 4.5/5

Kebersihan

Secara umum tempatnya bersih,cuma saya ada sedikit keluhan mengenai …lalat, waktu makan kami harus mengibas-ngibaskan tangan memgusir lalat supaya tidak hinggap di makanan karena kita kan tidak tahu lalat itu mampir di mana dulu sebelum datang ke tempat kita….tidak banyak sih,waktu itu cuma 2 ekor.

Cuma bisa maklum juga sih, tempatnya ruang terbuka, dan juga pihak rumah makan juga sudah berusaha mengurangi dengan menaruh lilin di mejanya..

Secara keseluruhan, hanya ada satu penyesalan waktu makan di rumah makan ini, yaitu kenapa gak dari dulu taunya,…kalau dari dulu sudah tau mungkin bisa bawa sanak famili buat makan-makan di sini.

Disclaimer:

Tulisan ini murni dari pengalaman dan kesan pribadi, tidak disponsori pihak manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *