Cara memahami sesuatu yang baru dengan cepat

Dalam menjalani pekerjaan sehari-hari kita pasti selalu berhadapan dengan sesuatu yang baru, apalagi kalau kerjaan kita berhubungan dengan iptek yang perkembangannya sangat cepat.

Berikut cara-cara yang bisa dipakai agar kita bisa memahami sesuatu dengan cepat.

1. Membuat summary dalam satu kalimat dengan menggunakan bahasa sederhana.

Misalnya, bitcoin, di wikipedia pengertian bitcoin adalah sebagai berikut:

Bitcoin () is the world’s first cryptocurrency, a form of electronic cash.It is the first decentralized digital currency: the system works without a central bank or single administrator. Bitcoins are sent from user to user on the peer-to-peer bitcoin network directly, without the need for intermediaries.These transactions are verified by network nodesthrough cryptography and recorded in a public distributed ledger analogi dengan peristiwa sehari-hari.called a blockchain.

Lumayan rumit kalau kita ikuti pengertian di atas, jadi saya summary aja menjadi satu kalimat yang paling penting, yaitu:

Bitcoin adalah salah satu bentuk uang elektronik.

2. Membuat analogi dengan peristiwa sehari-hari.

Masih mengambil contoh bitcoin, disitu disebutkan kalau bitcoin dihasilkan sebagai imbalan atas memecahkan suatu algorithma program,istilahnya mining. Hal ini bisa kita analogi kan dengan penambangan emas, memecahkan suatu algorithma analoginya dengan menggali tanah/memecah bebatuan untuk mendapatkan emas..

3. Menghubungkan atau membandingkan dengan pemahaman kita tentang sesuatu yang mirip.

Di definisi wikipedia disebutkan bahwa bitcoin adalah decentralized currency, yang artinya tidak ada single entity yang memproduksi dan mengawasi peredarannya, berbeda dengan uang yang kita pakai sehari-hari yang dicetak dan diawasi peredarannya oleh Bank Indonesia. Dari sini kita bisa simpulkan kalau bitcoin ini nature-nya lebih mirip logam mulia seperti emas daripada uang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *