Cara membuat Virtual Credit Card

Sudah lama saya ingin beli mencoba VPS-nya linode, namun karena pembeliannya harus menggunakan Credit Card, niat itu terus tertahan sampai akhirnya saya mendengar tentang sesuatu yang dinamakan “Virtual Credit Card(VCC)”.

Apakah VCC itu? Virtual sesuai terjemaahan harfiahnya adalah kartu kredit virtual, suatu produk bank yang memungkinkan seseorang yang tidak punya kartu kredit ,seolah-olah punya kartu kredit sehingga tetap bisa belanja di tempat yang memerlukan kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Alasan lain untuk menggunakan layanan ini walaupun sudah punya kartu kredit standar adalah alasan keamanan.

Cara membuatnya sangat gampang, saya mengambil contoh untuk yang di CIMB Niaga sebagai berikut:

1. Masuk ke situs internet bankingnya (CIMB Clicks)

2. Di bagian tab menu, pilih “Prepaid Reloads”.

Debit Card No : Pilihlah debit card jika punya lebih dari satu.

Purchase Type: Pilihlah “Virtual Credit Card”.

Amount : Masukan jumlah yang diinginkan, bank hanya akan mendebit sesuai dengan jumlah yang terpakai, jadi di bagian sini masukan saja jumlah yang sedikit lebih banyak supaya tidak overlimit waktu pembayaran.

Klik “next”

3. Layar konfirmasi akan muncul, dan anda akn diminta untuk memasukan nomor mPIN yang dikirim ke HP anda.

4. Apabila transaksi sukses, Virtual Credit Card anda akan ditampilkan, catat nomor kartu (16 digit) dan tanggal kadaluarsanya untuk anda gunakan ketika melakukan pembayaran di situs belanja online.

Catatan: sebelum melakukan pembayaran menggunakan VCC, recommended banget untuk cari tahu dulu apakah mereka menerima VCC atau tidak, waktu saya pakai untuk linode, entah kenapa saya disuruh mengupload fotokopi ID dan foto asli dari credit card yang standar(bukan yang VCC), karena saya tidak punya kartu kredit yang biasa saya harus menjelaskan ke Customer Supportnya kalau saya bayar pakai VCC, baru dia mau meng-approve pembelian saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *