Tiga kemalasan yang membuat orang berhenti berkembang

Sekedar sharing aja apa yang pernah saya baca di satu situs majalah jepang, bahwasanya ada 3 hal yang membuat seseorang berhenti berkembang. Berkembang yang dimaksud adalah menjadi lebih baik dari kondisi sekarang dari sisi kemampuan intelektual dan mental.

Yang pertama adalah, malas berkeringat (汗をかかない). Semakin tambah tinggi posisi dan jabatan, cenderung orang semakin malas untuk melakukan ‘kerja lapangan’ , salahsatu alasannya karena melelahkan dan terkesan low-level. Padahal dengan langsung terjun langsung ke lapangan, kita bisa mendapatkan informasi langsung dari sumbernya, bukan hanya dengar dari orang, sehingga kemungkinan dikelabui orang berkurang, selain itu pengetahuan mengenai situasi lingkungan sekitar kita tetap up-to-date.

Yang kedua adalah, malas malu (恥をかかない). Malu yang dimaksud adalah malu karena gagal karena mencoba sesuatu yang baru, malu ditertawakan orang karena bertanya hal yang sederhana. Padahal kegagalan hanya salahsatu kesempatan dalam hidup untuk belajar selain sekolah dan kursus. Kalau membaca kisah hidup orang orang sukses pasti ada episode dimana dia mengalami kegagalan dan bangkit dari kegagalannya, beda dengan orang yang biasa-biasa saja karena hidupnya tidak ada dinamika dan boring.

Yang ketiga adalah, malas menulis(文章を書かない). Semakin tua orang semakin malas dia untuk menulis, kecuali memang pekerjaan dia adalah seorang penulis. Menulis artinya bukan hanya menulis buku dan artikel, tetapi juga mencakup menulis laporan, diary, termasuk juga blog. Kenapa menulis? Menulis adalah satu aktivitas intelektual yang melatih otak kita untuk berpikir secara logis dan sistematis untuk menuangkan apa yang ada di pikiran menjadi tulisan yang bisa dinikmati orang lain.Berbeda dengan membaca yang hanya kegiatan pasif, menulis menjadikan kita seorang lebih produktif karena kita menghasilkan sesuatu untuk orang lain.

Bercermin dari poin ketiga itulah, saya mulai menulis blog ini, walau masih agak kaku, mudah-mudahan ada manfaatnya buat yang lain.

#all images are courtesy of google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *